Minggu, 26 Februari 2012

Faktor-faktor yang Menyebabkan Stress pada Remaja


Stres muncul ketika seseorang melakukan penyesuaian diri terhadap suatu peristiwa atau situasi. Akan tetapi tidak semua peristiwa atau situasi dapat menimbulkan stress. Ada dua faktor yang mengakibatkan suatu situasi atau peristiwa menimbulkan stres yaitu yang berhubungan dengan situasi yang dialami oleh individu (Lazarus dalam Safarino, 1998).
Situasi atau peristiwa yang berhubungan dengan individu dapat berupa kondisi tertentu dalam lingkungan yang merusak jaringan dalam tubuh, seperti hawa panas/ dingin yang berlebihan, luka atau penyakit. Keadaan sakit menyebabkan munculnya tuntutan pada sistem biologis dan psikologis individu, dimana derajat stres yang akan timbul karena tuntutan ini tergantung pada keseriusan penyakit dan umur individu tersebut.
Sementara yang berhubungan dengan situasi yang dialami individu dapat berupa pertahanan anggota keluarga, perceraian, kematian dalam keluarga, pekerjaan serta keadaan lingkungan (Safarino, 1998).
Lazarus dan Cohen (dalam Evans, 1982) mengemukakan bahwa terdapat tiga kelompok sumber yang menyebabkan stress, yaitu :
1. Fenomena catalismic, yaitu hal-hal atau kejadian-kejadian yang tiba-tiba, khas, dan kejadian yang menyangkut banyak orang seperti bencana alam, perang, banjir, dan sebagainya.
2. Kejadian-kejadian yang memerlukan penyesuaian atau coping seperti pada fenomena catalismic meskipun berhubungan dengan orang yang lebih sedikit seperti respon seseorang terhadap penyakit atau kematian.
3. Daily hassles, yaitu masalah yang sering dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari yang menyangkut ketidakpuasan kerja atau masalah-masalah lingkungan seperti kesesakan atau kebisingan karena polusi.

  Reference:

     Noname.(2011).Cara Mengatasi Stres dan Cara Menghilangkan Stres .[Online].
     Noname.(2008).Stress.[Online].Tersedia: http://creasoft.wordpress.com/2008/04/15/stress/ 
        Anggraeni Devi. (2011).Definisi Stres, Keterkaitan antara Stres dengan Lingkungan dan Pengaruh Stres terhadap Perilaku Individu dalam Lingkungan.[Online].Tersedia: http://devianggraeni90.wordpress.com/2011/05/10/definisi-stres-keterkaitan-antara-stres-dengan-lingkungan-dan-pengaruh-stres-terhadap-perilaku-individu-dalam-lingkungan/[1 November 2011]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar