SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN
DAN KONSELING KELOMPOK DI MTsN 2 BANDUNG KELAS VIII-D
A.
|
Topik
|
Cara
Belajar Efektif Dan Efisien
|
B.
|
Bidang
Bimbingan
|
Belajar
|
C.
|
Strategi
Layanan
|
Diskusi
|
D.
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan
Pengembangan
|
E
|
Kompetensi
|
Kematangan Intelektual
|
F
|
Tujuan
|
Peserta didik memiliki
sikap, kebiasaan dan ketrampilan belajar yang efektif dan efisien
|
G
|
Indikator
|
Peserta didik
mampu mengembangkan
sikap, kebiasaan dan ketrampilan belajar yang efektif dan efisien
|
H
|
Sasaran
Layanan
|
Peserta didik
kelas VIII-D MTs N 2 Bandung
|
I
|
Tempat
Penyelenggaraan
|
Ruang kelas
|
J
|
Waktu
|
1x40 menit
|
K
|
Alat dan Bahan
|
Kertas,
puzzle, dan bolpoin
|
L
|
Penyelenggara
Layanan
|
Guru Bimbingan
dan Konseling
|
M
|
Media
|
-
|
N
|
Langkah-Langkah
Layanan
|
Tahap Awal (5 menit)
a. Membaca doa bersama
b. Guru BK menyapa
peserta didik dan menanyakan kabar
c. Guru BK mengondisikan
peserta didik
d. Guru BK mengecek
kehadiran peserta didik
e. Guru BK menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan
Tahap Inti (30 menit)
a.
Guru BK
meminta peserta didik menyusun apa saja cara belajar yang menurut kelompok
baik dan efisien apabila diterapkan
b. Dengan melakukan diskusi dalam kelompok menentukan
yang mana yang utama dalam cara belajar
c.
Kelompok
yang sudah selesai perwakilannya diminta mengemukakan hasil diskusi di depan
kelas beserta alasannya.
d. Setelah seluruh perwakilan kelompok selesai
menyampaikan hasil diskusinya, guru BK membagikan lembar kerja sebagai
refleksi untuk individu
Tahap Akhir (5 )
a. Guru BK menyimpulkan
pendapat peserta didik
b. Guru BK menutup
kegiatan dengan bacaan hamdallah
|
O
|
Evaluasi
|
Evaluasi Proses
Mengamati respon peserta didik ketika mengikuti kegiatan
Evaluasi Hasil
Apakah peserta didik
sudah mampu menerapkan cara belajar yang efektif dan efisien dalam
kegiatannya belajar?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar